Booking Tiket disini

Home » , , , » Wings Air

Wings Air

Wings Air (IW/WON) atau lengkapnya Wings Abadi Airlines adalah maskapai penerbangan Indonesia yang merupakan anak maskapai Lion Air. Wings Air melayani rute-rute regional yang menghubungkan antara kota kecil dengan kota hub yang dilayani oleh maskapai intraduk Lion Air.
Wings Air memulai penerbangan komersil perdananya pada pertengahan tahun 2003, berbasis di Bandara Internasional Soekarno-Hatta serta berkantor pusat di Manado, Sulawesi Utara.
Selain melayani penerbangan rute domestik, saat ini Wings Air juga melayani penerbangan internasional ke 2 destinasi internasional yaitu rute Pekanbaru-Malacca dan Medan-Penang.
Di akhir tahun 2015, Wings Air berencana akan menambah 27 unit ATR 72-600 dan menjadi operator armada ATR terbesar di dunia dengan 20 unit ATR 72-500 dan 40 unit ATR 72-600.
Penumpang Wings Air mendapat jatah bagasi kabin dengan berat hingga 7 kg, baik untuk domestik maupun internasional. Penumpang juga memperoleh bagasi check-in gratis hingga 10 kg. 

Sejarah Wings Air
Wings Air didirikan pada tahun 2003 sebagai perpanjangan sayap Lion Air ke rute-rute regional (feeder routes) di seluruh Indonesia, beroperasi dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan berkantor pusat di Manado, Sulawesi Utara. Wings Air awalnya beroperasi sebagai anak perusahaan low-cost carrier (LCC) dari Lion Air, tetapi akhirnya Lion Air sendiri memperkenalkan diri sebagai maskapai berbiaya murah dan beberapa program promo lainnya, dan Wings Air difokuskan menjadi feeder. Armada awal Wings Air adalah McDonnell Douglas MD-80 dan MD-82 bekas Lion Air serta De Havilland Dash-8, tetapi lama kelamaan MD-80 dan MD-82 dipensiunkan dan diganti dengan armada regional ATR-72.
Maskapai regional yang dipimpin oleh Rusdi Kirana ini pertama kali memperkenalkan 3 unit ATR 72-500 nya ke pasaran Indonesia pada tahun 2010. Penguatan armada ini diikuti oleh penambahan 15 unit ATR 72-500 dan 15 unit ATR 72-600 dengan nilai hingga USD 600 juta. ATR 72-500 ini menggantikan armada terdahulu yaitu MD-80, disertai dengan penambahan frekuensi rute yang sebelumnya dioperasikan oleh Lion Air. Rute-rute yang overlap dengan Lion Air ditutup dan Wings memantapkan diri sebagai maskapai regional.
Pada November 2010, Wings Air mulai melebarkan sayapnya ke rute internasional yaitu Pekanbaru-Melaka dan Medan-Penang, yang sebelumnya dioperasikan oleh Lion Air.
Seiring waktu, Wings Air lebih berfokus pada armada ATR 72-500 dan ATR 72-600 serta tidak memesan lagi jenis unit lainnya sekalipun ATR berkapasitas lebih sedikit yaitu total 72 orang. Hal ini disebabkan oleh keputusan Wings Air untuk lebih menambah frekuensi penerbangan dibandingkan kapasitas, serta memfokuskan diri sebagai maskapai feeder dari Lion Group.

Kebijakan penumpang anak-anak, bayi dan ibu hamil Wings Air
  • Untuk usia kehamilan di atas 28 minggu, penumpang diwajibkan menyertakan surat keterangan medis yang menyatakan bahwa penumpang fit secara medis untuk melakukan penerbangan. Penumpang juga akan diminta mengisi formulir pertanggungan resiko Form of Indemnity (FOI)
  • Bayi di bawah usia 2 hari tidak diperkenankan dalam penerbangan, sedangkan bayi usia antara 3 sampai 7 hari harus disertai dengan surat keterangan medis yang menyatakan bahwa bayi tersebut fit secara medis untuk melakukan penerbangan. Surat keterangan medis tersebut diterbitkan setidaknya 72 jam sebelum jam keberangkatan.
  • Kategori bayi adalah di bawah 2 tahun dan orang tua bayi harus menandatangani formulir pertanggungan resiko (FOI). Anak-anak di atas usia 2 tahun dikenakan tarif yang sama dengan penumpang dewasa

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Template Information

Pesan Tiket

Bank Kami


No Rek : 448-031-8213
A/N : MUNGKASTIA



No Rek : 144-00-1447668-0
A/N : MUNGKASTIA



No Rek : 6400-01-018416-53-8
A/N : MUNGKASTIA